Setelah Naik, Masih lanjutkah?

Setelah 2 hari lalu mengalami kenaikan yang cukup drastis, Emas  seolah-olah kembali kehilangan  pondasi. Akankah Emas kembali menembus “cakrawala”?

Pada grafik H4 Emas yang  saya share kali ini nampak pola  membentuk lengkungan yang sangat indah..seperti ‘gagang  payung’. Biasanya pola ini akan diikuti dengan pola koreksi yang cukup lumayan. Saya gunakan Fibonacci Retracement dari titik pangkal kenaiakn 2 hari lalu  sampai titik tertinggi yang berhasil disentuh. Dan alhasil didapati area 50% retracement berada pada area 1292.95. Low pada koreksi tanggal 14 Mei  sempat menyentuh  1293.40 dan kemudian rebound hingga 1297.80. Hingga grafik ini di post (12.31 WIB) Gold berada pada titik nadirnya di area 1294.10.

Area Resistance Trednline (garis merah) yang sempat ditembus 2 hari lalu, kini menjadi area support yang  menjadi panduan trend. diperkuat dengan fibonacci retracement , maka area-area tersebut sebaiknya tidak kembali ditembus untuk menjaga potensi BULLISH terhadap GOLD terjaga.  Meski Patokan garis trendline berikutnya (warna  coklat) dapat menjadi level support untuk menahan laju Gold agar tidak terlalu bearish. (tembus trendline = perubahan trend). Pada sisi sudut kiri bawah saya mencoba menggambarkan beberapa pola pergerakan yang mungkin saja bisa terjadi pada pola pergerakan Gold kali ini.  Pola #1 saya memperkirakan Gold hanya terkoreksi secara normal ke area 50% dari retracement sebelum kemudian rebound melanjutkan trend sebelumnya. Sementara di pol #2, saya mencurigai Gold bisa saja kembali ke titik awal saat dia mulai naik terdorong oleh faktor fundamental 2 hari lalu. Sayangnya, faktor fundamental ini termasuk faktor yang relatif ringkih/rapuh sehingga tenaga dorongan Gold yang sudah terbentuk di 2 hari lalu seolah-olah hilang tanpa potensi lanjutan.  Yang harus diwaspadai pula, area tertinggi yang sempat disentuh saat gejolak terjadi (1303.20) merupakan area psikologis yang menjadi patokan bila BULLISH ingin mendominasi.  Jika area ini ditembus kembali dan harga Gold stabil di area tersebut, maka terbuka kemungkinan untuk mengejar area 1310 dan 1315 sebagai area target terdekat. Namun, jika ternyata area tersebut tidak berhasil muncul kembali, maka BULLISH akan tertunda, dan GOLD bisa saja kembali berada di bawah area 1290 .

DISCLAIMER ON!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *